sebutkan hal-hal yang diperhatikan saat melakukan lompat jauh

INDONESIA
Statistik Puyeng Liverpool vs Arsenal 0-0 di Carabao Cup. Klik di sini!

Pengertian Lompat Jauh, Ketahui Teknik Dasar dan Peraturannya

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 25 Nov 2020, 17:20 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 17:20 WIB
Atlet Lompat Jauh Putri
Atlet Filipina, Marestella Sunang saat tampil pada babak final Lompat Jauh Putri Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (27/8). Sebanyak 11 atlet turun di final nomor lompat jauh putri (ANTARA FOTO/INASGOC/M Agung Rajasa)

Bola.com, Jakarta - Lompat jauh adalah cabang olahraga atletik di mana atlet mengkombinasikan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk melemparkan dirinya dari papan tolakan.

Jadi, sasaran atau tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke bagian letak pendaratan atau bak lompat.

Baca Juga

  • 40 Kata-Kata Bijak tentang Kehilangan Orang yang Dicintai
  • 35 Caption Instagram tentang Akhir Pekan, Keren dan Inspiratif
  • 36 Ucapan Ulang Tahun yang Unik dalam Bahasa Inggris buat Teman Dekat

Lompat jauhsudah ada sejak 13 abad yang lalu, tepatnya pada 708 masehi di Yunani. Lompat jauh mulai menjadi bagian dari cabang olahraga di olimpiade pada 1896.

Sebagai satu di antara cabang olahraga, lompat jauh tentu saja memiliki tujuan tersendiri, dan dalam melakukannya pun tidak asal melainkan dengan teknik yang mempuni.

Meski terlihat simpel dan mudah, ternyata lompat jauh membutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik dan benar. Ada beberapa teknis dasar lompat jauh yang perlu dikuasai.

Berikut ini rangkuman tentang teknik lompat jauh dan peraturan, seperti dilansir dari laman GuruPendidikan dan Salamadian, Rabu (25/11/2020).

2 dari 3 halaman

Teknik Dasar Lompat Jauh

Atletik : Maria Londa
Pelompat jauh putri Indonesia, Maria Londa, saat beraksi pada Asian Games di SUGBK, Jakarta, Senin (27/8/2018). Hanya finis di peringkat kelima, Maria Londa gagal mempersembahkan medali. (Bola.com/Peksi Cahyo)

1. Teknik Awalan

Teknik Awalan ialah berlari pada lintasan dengan pergerakan lari lambat, lari dipercepat, sampai papan tumpuan.

Ancang-ancang tersebut dilakukan sejauh 30-40 meter sebelum titik garis lompat, kemudian setelah mendekati garis, maka tingkatkanlah kecepatannya.

Namun, dalam teknik jumper, kita juga harus dapat mengendalikan kecepatan lari, terlebih di 3-5 meter akhir sebelum garis lompat. Selanjutnya, mempersiapkan untuk melakukan pengalihan dari kecepatan lari gerak horizontal ke lari gerak vertikal.

2. Teknik Tolak atau Loncatan

Tolakan merupakan tahap di mana kaki jadi tumpuan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum mendarat. Pada saat melakukan tolakan, kaki sedikit dibengkokan, kaki menapak dan tungkai diluruskan.

Pada gerakan tolakan ini seperti pada umumnya memerlukan kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi agar kaki tidak melewati batas garis loncat.

3. Teknik Melayang

Gerakan kaki seperti berjalan ketika posisi tubuh melayang, itu akan memudahkan dan memperluas jarak pendaratan kamu.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu diperhatikan dalam melakukan teknik ini, terutama ketika tubuh jumper berada dalam posisi melayang, seperti menjaga keseimbangan badan, berusaha melayang di udara selama mungkin, mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

4. Teknik Pendaratan

Pendaratan dilakukan dengan cara menundukkan kepala, mengayunkan lengan dan menggerakkan pinggang ke arah depan. Hal ini dilakukan agar ketika proses pendaratan, anggota badan lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki.

3 dari 3 halaman

Peraturan Lompat Jauh

Atletik : Maria Londa
Pelompat jauh putri Indonesia, Maria Londa, saat beraksi pada Asian Games di SUGBK, Jakarta, Senin (27/8/2018). Hanya finis di peringkat kelima, Maria Londa gagal mempersembahkan medali. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Seorang atlet lompat jauh yang gagal dalam pertandingan biasanya karena melanggar aturan penting lompat jauh. Beberapa aturan penting ini tidak boleh diabaikan begitu saja karena berakibat fatal.

Peraturan-peraturan umum dalam cabang olahraga lompat jauh adalah sebagai berikut:

  • Jika peserta lompat jauh lebih dari delapan orang, maka setiap peserta diperbolehkan melompat sebanyak tiga kali. Lompatan diambil adalah lompatan yang terjauh. Jika peserta hanya delapan orang atau kurang dari delapan orang, setiap peserta diperbolehkan melompat sebanyak enam kali. Melompat dilakukan secara bergiliran.
  • Hasil lompatan diukur dari bekas anggota tubuh terdekat atau paling belakang yang menyentuh bak pasir.
  • Setiap peserta diberi waktu satu giliran selama 1,5 menit. Lompatan yang sama ditentukan dengan melihat hasil lompatan yang terbaik. Jika masih sama, akan dilihat hasil dari lompatan yang ketiga. Demikian seterusnya.

Sumber: GuruPendidikan, Salamadian

Lanjutkan Membaca

Tag Terkait

  • Sportylife
  • Apa
  • Lompat Jauh
  • Pengertian Lompat Jauh
  • Atletik
  • Artikel Bola
  • Bola.com
  • More Tag
  • Terkait
  • Kredit2
  • Faozan Tri NugrohoFaozan Tri NugrohoAuthor
  • Aning JatiAning JatiEditor

Video