Negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil adalah

Daftar Negara ASEAN Negara-negara di dunia ini tersebar dalam enam benua yaitu Asia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa, dan Australia. Benua Asia sendiri terbagi menjadi 5 kawasan di antara Asia Timur, Asia Barat (Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Anda Mungkin Juga Menyukai

Para Penjahat dan Kesunyiannya Masing-Masing

Para Penjahat dan Kesunyiannya Masing-Masing

Rp 60.000

Pengantar Perjanjian Baru, Memahami Penulis, Tahun Penulisan, Maksud Dan Tujuan Masing-masing Kitab Dalam Perjanjian Baru

Pengantar Perjanjian Baru, Memahami Penulis, Tahun Penulisan, Maksud Dan Tujuan Masing-masing Kitab Dalam Perjanjian Baru

Rp 89.000

Rapid Traveler (habiskan 2 minggu jelajah 5 negara Asean) Single Edition

Rapid Traveler (habiskan 2 minggu jelajah 5 negara Asean) Single Edition

Rp 40.000

Filsafat Intelejen Negara Republik Indonesia Single Edition

Filsafat Intelejen Negara Republik Indonesia Single Edition

Rp 40.000

Setiap kawasan memiliki organisasi yang menaungi negara-negara yang ada di dalamnya termasuk Asia Tenggara. Kawasan Asia Tenggara memiliki organisasi yang bernama ASEAN. Apa itu ASEAN? Berikut penjelasan mengenai ASEAN dan daftar negara ASEAN yang telah bergabung sampai saat ini.

Apa Itu ASEAN?

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southern Asian Nation atau dapat diterjemahkan sebagai asosiasi bangsa-bangsa Asia Tenggara. Didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok, Thailand, ASEAN menjadi naungan bagi negara-negara kawasan Asia Tenggara untuk membangun kemajuan. Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand merupakan founding fathers atau pendiri ASEAN. Pada saat didirikan, kelima negara mengirimkan perwakilannya masing-masing.

Indonesia diwakili oleh Adam Malik, Malaysia diwakili Tun Abdul Razak, Filipina diwakili oleh Narcisco Ramos, S. Rajaratnam selaku utusan dari Singapura, dan Thailand oleh Thanat Khoman. Kelimanya menandatangani perjanjian yang bernama Deklarasi ASEAN. Dalam deklarasi tersebut, isinya menyepakati untuk mendirikan perhimpunan negara-negara Asia Tenggara untuk saling bekerja sama bahu membahu mencapai kesejahteraan dan kemajuan bersama.

Daftar Negara ASEAN

Hingga saat ini, tercatat ada 10 negara yang masuk dalam daftar negara ASEAN. Seperti apa profil dan ulasan masing-masing negara. Simak pembahasannya dibawah ini.

1. Indonesia

Daftar Negara ASEAN

Menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di Asia Tenggara, membuat Indonesia menjadi negara berpenduduk terbesar dalam daftar negara ASEAN. Indonesia memiliki luas wilayah kurang lebih 1.919.400 km2 untuk daratan dan sekitar 3.273.810 km2 untuk wilayah lautnya.

Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data administrasi kependudukan terakhir pada Bulan Juni 2021 tercatat mencapai 272.229.372 jiwa dimana 137.521.557 jiwa merupakan laki-laki dan untuk perempuan sebanyak 134.707.815. Selain itu, Indonesia mendapatkan julukan sebagai negara kepulauan dikarenakan pulau-pulau yang tersebar di wilayah nusantara jumlahnya mencapai kurang lebih 16.056.

Pulau-pulau di Indonesia yang tercatat menjadi pulau-pulau besar diantaranya yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Pusat konsentrasi aktivitas penduduknya ada di Pulau Jawa dengan ibukota negara berada di Kota Jakarta.

Daftar Negara ASEAN

Keadaan alam di Indonesia terdiri atas lautan, sungai, dan danau. Hal ini menyimpan potensi kekayaan alam yang luas biasa terlebih lautnya yang luas dengan keanekaragaman jenis fauna dan flora yang juga tidak kalah banyaknya yang ada di seluruh wilayah.

Indonesia mencapai kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebelumnya Indonesia pernah mengalami penjajahan oleh bangsa-bangsa barat seperti Belanda, Inggris, Spanyol, dan Portugis, serta pernah dijajah oleh sesama negara asia yaitu Jepang.

Indonesia mengatur sistem pemerintahan Republik dengan sistem pemerintahan presidensial yang artinya Indonesia dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden di Indonesia dipilih langsung oleh rakyat dengan sistem pemilu setiap lima tahun sekali. Saat ini, sudah terjadi 7 kali pergantian presiden di Indonesia.

Dalam menjalankan aktivitas kenegaraannya, presiden Indonesia dibantu oleh menteri-menteri yang bertanggung jawab mengatur berbagai sektor penunjang kemakmuran negara. Transaksi ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menggunakan rupiah sebagai alat tukarnya.

Indonesia mempunyai lagu kebangsaan yang berjudul Indonesia Raya dan bahasa persatuan yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Memiliki sumber daya alam yang melimpah membuat masyarakat Indonesia mengandalkan sektor agraria sebagai mata pencahariannya.

Sektor agraria yang diandalkan seperti karet, kelapa sawit, kayu, kopi, teh, rempah-rempah, dan lain sebagainya. Tergabung sejak 8 Agustus 1967 sebagai anggota ASEAN, membuat Indonesia menjadi salah satu yang masuk dalam daftar negara Asian yang memiliki pengaruh besar.

2. Malaysia

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 1

Negara yang masuk dalam daftar negara ASEAN yang kedua adalah Malaysia. Menjadi negara yang sering disebut sebagai Negeri Jiran, Malaysia memiliki banyak kemiripan karena saking dekatnya dengan Indonesia. Malaysia memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 329.987 km2.

Secara geografis, Malaysia terbagi menjadi dua yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat terletak di wilayah Semenanjung Malaka yang terdiri atas beberapa negara bagian seperti Selangor, Johor, Kedah, Kelantan, Perak, Pahang, Perlis, Penang, Melaka, Negeri Sembilan, dan Terengganu.

Sedangkan Malaysia Timur hanya terdiri atas dua negara bagian yaitu Sabah dan Serawak. Khusus Malaysia Timur, wilayah ini tergabung di Pulau Kalimantan di Indonesia. Karena itu, di beberapa tempat batas kedua negara hanya dipisahkan oleh patok sebagai tanda wilayah baik itu untuk Indonesia maupun Malaysia.

Malaysia beribukota di Kuala Lumpur. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Malaysia terdiri atas beberapa negara baik, maka dari itu pemerintahan Malaysia berbentuk Monarki atau Kerajaan, lebih tepatnya Monarki Federasi bukan Monarki Absolut.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 2

Raja merupakan kepala negara dengan gelar Yang Dipertuan Agung. Dikarenakan menganut sistem pemerintahan Monarki Federasi, Raja disini dipilih dari sembilan negara bagian yang memimpin di wilayahnya masing-masing. Raja dari masing-masing wilayah tersebut akan mengadakan pemilihan raja setiap lima tahun sekali.

Pemilihan dilakukan dalam sebuah pertemuan yang disebut dengan nama Majelis Raja-Raja. Untuk kepala pemerintahan di Malaysia dipegang oleh Perdana Menteri yang dibantu oleh menteri-menteri yang menjabat. Malaysia merupakan negara persemakmuran (Commonwealth Country) Inggris, sehingga membuat Malaysia mengakui Ratu Elizabeth sebagai Ketua Persemakmuran.

Kemerdekaan negara Malaysia diperoleh pada tanggal 31 Agustus 1957. Lagu Kebangsaaan Malaysia berjudul Negaraku dengan bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Melayu, Inggris, dan Mandarin. Masyarakat Malaysia menggunakan Ringgit sebagai alat tukar dalam perekonomian.

Sektor yang diandalkan Malaysia ada di perkebunan, pertanian, industri, dan pertambangan. Khusus pada sektor pertambangan, Malaysia merupakan negara penghasil bijih timah terbesar di dunia hingga saat ini. Sama seperti Indonesia, Malaysia sebagai salah satu yang masuk dalam daftar negara ASEAN yang bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967.

3. Filipina

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 3

Daftar Negara ASEAN yang ketiga adalah Filipina. Luas wilayah Negara Filipina kurang lebih mencapai 300.000 km2. Filipina mendapatkan julukan negara kepulauan seperti Indonesia karena memiliki banyak pulau. Kurang lebih tercatat ada 7.641 pulau yang ada hingga sekarang.

Beberapa pulau besar yang ada di Filipina yaitu Pulau Tidore, Pulau Mindanao, Pulau Luzon, Pulau Cebu, dan Pulau Palawan. Dilalui oleh lipatan pasifik membuat Filipina memiliki banyak gunung yang beberapa diantaranya berstatus aktif. Gunung tertinggi di Filipina tercatat ada di Pulau Mindanao yaitu Gunung Api yang tingginya mencapai 2.954 meter di atas permukaan laut.

Bentuk pemerintahan negara Filipina adalah Republik Presidensial, artinya kekuasaan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang oleh seorang presiden. Pemilihan umum di negara ini dilangsungkan setiap enam tahun sekali sejak tahun 1992 namun tidak bisa dipilih kembali atau tidak lebih dari satu periode. Filipina beribukota di Manila.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 4

Lagu kebangsaan Filipina berjudul Lupang Hinirang dengan bahasa persatuan yaitu Tagalog (bahasa Asli masyarakat Filipina) dan bahasa Inggris. Mata uang sebagai alat transaksi yang digunakan masyarakat Filipina bernama Peso. Filipina berhasil meraih kemerdekaan pada tanggal 12 Juni 1898 dan merupakan negara persemakmuran dari Amerika Serikat sejak tahun 1935.

Sektor yang diandalkan berasal dari pertanian, industri, dan pertambangan. Beberapa hasil kekayaan alam negara Filipina diantaranya yaitu emas, nikel, kobalt, tembaga, besi, hingga minyak bumi. Filipina menjadi salah satu negara dalam daftar negara ASEAN yang tertua sebelum Indonesia merdeka. Filipina bergabung dengan ASEAN di tanggal yang sama seperti Malaysia dan Indonesia.

4. Singapura

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 5

Singapura merupakan negara dalam daftar negara ASEAN yang paling kecil wilayahnya. Luas wilayahnya hanya sebesar 728,3 km2, yang apabila dilihat luasnya hampir mirip dengan provinsi yang ada di Indonesia yaitu DKI Jakarta.

banner-promo-gramedia

Walaupun termasuk negara kecil, Singapura tidak boleh dianggap enteng walaupun secara geografis tidak memiliki kekayaan alam berupa hutan atau sawah. Namun posisinya berada di silang jalur pelayaran negara-negara yang ada di Asia Timur. Seperti Asia Barat, Eropa, Australia, Afrika, hingga Eropa membuat Singapura menjadi negara yang cukup maju di sektor perdagangan dengan sibuknya aktivitas yang ada di pelabuhan.

Saking sibuknya, pelabuhan Singapura yaitu Port of Singapore menjadi pelabuhan paling ramai yang ada di kawasan Asia. Tempat terkenal yang ada di Singapura adalah patung merlion.
Ibukota negara Singapura bernama Singapura, sama seperti nama negaranya. Presiden merupakan kepala negara, namun untuk kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang Perdana Menteri. Hal ini dikarenakan Singapura menganut sistem Republik Parlementer dalam mengurus negaranya.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 6

Rakyat Singapura menggunakan mata uang Dollar Singapura sebagai alat transaksinya. Lagu Kebangsaan Singapura berjudul Majulah Singapura. Sejak tahun 1959 Singapura berdiri menjadi sebuah negara yang ada di bawah kekuasaan Kerajaan Inggris seperti Malaysia.

Kemudian pada tahun 1963, tepatnya bulan September Singapura dan Malaysia bergabung menjadi satu dengan nama Federasi Malaysia. Akan tetapi, pada tanggal 9 Agustus 1965 Singapura memutuskan keluar dari federasi tersebut dan kembali berdiri menjadi negara sendiri sampai sekarang.

Sektor yang diandalkan Singapura tentu berasal dari perdagangan berkat padatnya aktivitas pelabuhan, kemudian ada sektor perbankan, dan industri. Singapura menjadi daftar negara ASEAN yang paling maju walaupun luas wilayahnya kecil berkat strategisnya negara tersebut. Sejak tanggal 8 Agustus 1967, Singapura bergabung dengan ASEAN.

5. Thailand

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 7

Thailand menjadi negara dalam daftar negara ASEAN yang akan kita bahas. Dulu Thailand bukanlah nama yang digunakan sebagai negara, melainkan nama yang digunakan yaitu Siam.
Pasca revolusi berdarah yang terjadi di negeri ini, Siam berganti menjadi Thailand. Memiliki luas wilayah sebesar 513.120 km2, negara ini terdiri atas bukit-bukit, pegunungan, dan dataran rendah. Pegunungan tertinggi di Thailand ada di bagian utara dan bagian barat.

Gunung tertinggi bernama Doi Inthanon yang memiliki tinggi 2.565 meter di atas permukaan laut. Daerah subur di Thailand dilalui oleh Sungai Chao Phraya yang merupakan sungai terbesar dan cukup indah. Thailand memiliki julukan sebagai negeri gajah putih.

Padahal di seluruh dunia tidak ada gajah yang berwarna putih. Julukan ini diberikan lantaran gajah merupakan hewan nasional di Thailand sekaligus sebagai simbol kerajaan Thailand. Dulu gajah yang ditemukan di Thailand berwarna coklat lembut kemerahan harus diserahkan kepada Raja melalui ritual khusus.

Penyebutan gajah putih hanya sebagai penggambaran dan hanya penamaan semata karena memang tidak ada satu pun gajah yang berwarna putih. Selain itu, Thailand juga dijuluki sebagai negeri seribu pagoda karena banyaknya bangunan pagoda sebagai tempat ibadah agama Buddha.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 8

Fakta unik yang perlu kalian ketahui bahwa Thailand merupakan satu-satunya dalam daftar negara ASEAN yang tidak pernah dijajah. Hal ini bukan tanpa sebab, karena salah satu alasan Thailand tidak dijajah oleh bangsa barat karena minim akan hasil bumi yang bisa diambil dan tanahnya tidak tumbuh dengan subur sehingga tidak ada ketertarikan penjajah untuk menguasai Thailand.

Namun, sekarang semuanya sudah berubah. Thailand sudah berubah menjadi negara yang subur dengan hasil kekayaan alam yang cukup melimpah. Perekonomian Thailand berporos pada sektor pertanian dimana beras menjadi komoditi utama. Bahkan sekarang Thailand menjadi negara dengan lumbung beras terbesar di Asia.

banner-promo-gramedia

Selain itu, pertambangan juga tumbuh dengan cukup baik dimana timah dan mangan sebagai bahan tambang yang banyak ditemukan dan diolah. Belum lagi hasil kekayaan hutan dengan kayu jati sebagai komoditi yang cukup laris diperjualbelikan. Thailand juga memiliki wilayah berupa semenanjung tanah genting kra.

Tempat ini merupakan tempat transit kapal-kapal perdagangan yang akan menuju Singapura. Sehingga Thailand juga ramai akan perdagangan yang akan semakin menambah kekayaan pendapatan negara ini.

Thailand menjadi negara dalam daftar negara ASEAN yang memiliki bentuk negara kerajaan, lebih tepatnya Monarki Konstitusional. Sejak awal berdiri, Thailand dipimpin oleh seorang raja. Sistem kekuasaannya berlangsung turun temurun melalui keturunannya.

Raja di Thailand merupakan orang yang paling dihormati dan disanjung sebagai kepala negaranya. Untuk urusan pemerintahan diserahkan kepada perdana menteri yang mengatur. Ibukota negara Thailand terletak di Kota Bangkok. Untuk mata uang yang digunakan di Thailand yaitu bath. Lagu kebangsaan negara ini berjudul Pleng Chard dengan hari kemerdekaan diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 9

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 10

6. Vietnam

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 11

Negeri naga biru merupakan julukan negara selanjutnya yang masuk dalam daftar negara ASEAN, yaitu Vietnam. Julukan ini di sematkan karena Vietnam merupakan negara yang memiliki industri yang berkembang dengan pesat dan perekonomiannya yang cukup kuat di tahun 1960-1990 bersama dengan negara lain seperti Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, bahkan sesama anggota ASEAN yaitu Singapura.

Vietnam terletak di Semenjang Indocina dengan luas luas wilayah sekitar 331.212 km2. Vietnam berbatasan dengan negara China di sebelah utara. Darah paling subur yang ada di Vietnam berada di wilayah Delta Sungai Mekong.

Vietnam merupakan negara yang menganut sistem Republik Sosialis, artinya kepala negara dipegang oleh seorang presiden sedangkan kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri. Ibukota negara terletak di kota Hanoi. Mata uang yang digunakan di negara ini bernama dong.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 12

Lagu kebangsaan masyarakat Vietnam berjudul Tien Quan Ca. 2 September 1945 merupakan hari kemerdekaan di negara ini setelah meraihnya dari Perancis. Fakta unik lain negara yang masuk dalam daftar negara ASEAN ini adalah perbedaan ideologi antar penduduknya.

Sebagian besar penduduk Vietnam Utara menganut paham komunis karena wilayahnya berbatasan dengan negara China yang juga menganut paham komunis. Sementara penduduk Vietnam Selatan menganut paham demokrasi. Sektor yang diandalkan di negara ini berasal bidang pertanian, pertambangan, dan industri.

Mata pencaharian masyarakat ada di pertanian dengan hasil pertanian terbesar adalah padi. Oleh karena itu, Vietnam juga masuk sebagai negara lumbung padi Asia bersama dengan Thailand. Walaupun merdeka sejak lama, Vietnam baru bergabung dengan ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995.

7. Kamboja

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 13

Kamboja merupakan negara yang sama seperti Vietnam dalam daftar negara ASEAN, yaitu terletak di Semenjang Indocina. Luas wilayahnya diperkirakan sekitar 181.035 km2. Kamboja berbatasan dengan negara Laos di sebelah utara, sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Vietnam, dan sebelah barat berbatasan dengan Thailand.

Julukan negara ini yaitu Negeri Angkor Wat. Pemberian julukan ini disebabkan Kamboja terkenal akan candi yang tersebar di dunia yaitu Angkor Wat yang ada di kota Angkor. Bahkan candi merupakan lambang negara ini.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 14

Kota Phnom Penh merupakan kota terbesar dan menjadi ibukota di Kamboja. Bentuk negara ini adalah Monarki Konstitusional dengan kepala negaranya adalah seorang raja sedangkan kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri. Mata uang yang digunakan di negara ini bernama riel. Sementara lagu kebangsaannya berjudul Our Country.

Kemerdekaan di negara Kamboja diperingati setiap tanggal 9 November tepatnya Kamboja merdeka pada tahun 1953 dari penjajahan Prancis. Sektor yang diandalkan di negara ini ada di pertanian dimana padi merupakan hasil pertanian terbesar. Dalam daftar negara ASEAN, Kamboja merupakan negara terakhir yang bergabung tepatnya pada tanggal 30 April 1999.

8. Laos

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 15

Daftar negara ASEAN lainnya yang terletak di Semenjung Indcina adalah Myanmar. Luas wilayahnya mencapai 237.955 km2. Negara ini dikelilingi pegunungan dan hutan. Laos merupakan negara yang unik karena tidak memiliki laut.

Hal ini cukup merugikan karena Laos tidak bisa mengandalkan kekayaan laut sebagai penambah pendapatan negara. Beruntung Laos dilalui oleh Sungai Mekong sehingga pertanian di negara iki berkembang dengan baik dan memanfaatkan sungai ini sebagai sarana transportasi.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 16

Ibukota Laos bernama Vientiane. Bentuk negara Laos adalah Republik Sosialis. Kepala negara dipegang oleh seorang presiden dan kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Mata uang negara Laos bernama New Kip (KP) dengan lagu kebangsaannya berjudul Pheng Sat Lao. 19 Juli 1949 merupakan hari dimana Laos meraih kemerdekaannya atas Prancis.

Untuk sektor yang diandalkan tidak begitu banyak, salah satu negara dalam daftar negara ASEAN ini mengandalkan sektor agraris untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hasil pertaniannya berupa padi, jagung, kelapa, dan buah-buahan. Sejak tanggal 23 Januari 1997, Laos bergabung dengan ASEAN.

9. Myanmar

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 17

Daftar negara ASEAN selanjutnya adalah Myanmar. Luas wilayah negara ini sekitar 676.575 km2 dan memiliki dua iklim yaitu tropis di bagian selatan dan subtropis di bagian utara. Wilayahnya mayoritas dikelilingi oleh pegunungan di bagian timur dan utara. Bagian tengah dilalui oleh Sungai Irawadi yang merupakan sungai terbesar di negara ini.Bagian selatan merupakan dataran rendah dengan garis pantainya berada di sepanjang Laut Andaman.

Myanmar memiliki ibukota negara yang terdapat di Kota Naypyidaw. Sebelumnya negara ini beribukota di Yangon sebelum akhirnya memindahkannya ke Kota Naypyidaw. Dulu negara ini juga bukan bernama Myanmar, melainkan bernama Burma.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 18

Myanmar menganut bentuk negara Republik Parlementer dengan dengan kepala negara dan kepala pemerintahannya dipegang oleh seorang presiden. Mata uang negara ini bernama Kyat dan lagu kebangsaannya adalah Our Free Homeland yang artinya Tanah Airku Merdeka.

Myanmar meraih kemerdekaannya dari Inggris sejak tanggal 4 Januari 1948. Pertanian merupakan sektor yang diandalkan selain perkebunan, pertambangan, dan kehutanan. Sama seperti daftar negara ASEAN lainnya yang mengandalkan sektor pertanian, beras merupakan komoditi utama yang dihasilkan. Sejak tanggal 23 Juli 1997, Myanmar menjadi bagian dari ASEAN.

10. Brunei Darussalam

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 19

Brunei Darussalam merupakan negara kedua dengan wilayah terkecil di dalam daftar negara ASEAN setelah Singapura. Luas wilayah negara ini hanya sebesar 5.765 km2 yang apabila dibandingkan dengan luas wilayah kabupaten Banyuwangi sebesar 5.770 km2 maka Brunei masih sedikit kalah luasnya.

Meskipun begitu, Brunei Darussalam tidak boleh dianggap sebelah mata, pasalnya negara yang terletak satu pulau dengan Malaysia dan Indonesia ini memiliki pertambangan yang cukup kaya. Brunei dikenal akan kekayaan minyak buminya dan menjadi yang terbesar di Asia.

Tidak heran, Brunei termasuk negara yang cukup kaya. Wilayahnya terbagi atas dua, yaitu barat dan timur. Bagian barat merupakan dataran rendah berawa sedangkan bagian timurnya merupakan daerah perbukitan.

Daftar Negara ASEAN dan Keunikannya Masing-Masing 20

Bandar Seri Begawan merupakan ibukota negara Brunei Darussalam. Bentuk negara yang dianut oleh negara ini adalah Monarki Absolut dimana kepala negara dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang Sultan. Hal ini menjadikannya sebagai satu-satunya negara dalam daftar negara ASEAN yang urusan kenegaraan dan urusan pemerintahannya dipegang oleh seorang Sultan.

Untuk urusan perekonomian, mata uang yang digunakan di negara ini adalah Dollar Brunei. Lagu kebangsaan negaranya berjudul Allah Peliharalah Sultan. Brunei Darussalam meraih kemerdekaannya pada tanggal 1 Januari 1984 setelah sebelumnya pada tanggal 4 januari 1979 Brunei dan Inggris raya sepakat membentuk kerjasama dan persahabatan. Namun, hari nasional di negara ini diperingati setiap tanggal 23 Februari bukan tanggal 1 Januari. Brunei bergabung dengan ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984.

Baca juga artikel terkait Daftar Negara ASEAN :

  • Kerjasama Internasional
  • Perdagangan Internasional
  • Organisasi Internasional
  • Bentuk Kerjasama Dengan Negara ASEAN
  • Pengertian Ekonomi Makro
  • Ekonomi Mikro
  • Resesi Ekonomi
  • Globalisasi Ekonomi
  • Ekonomi Kerakyatan
  • Pelaku Ekonomi
  • Masalah Ekonomi di Indonesia
  • Ilmu Ekonomi
  • Macam Sistem Ekonomi
  • Ekonomi Kerakyatan

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Video