Cara mencetak lembar kerja microsoft excel

  Cara Mencetak di Excel Secara Keseluruhan Maupun Sebagian Dokumen Dengan Print Area - Tahap akhir dari proses pekerjaan pengetik pengolahan data di Ms. Excel adalah bagaimana cara mencetak dokumen kedalam media kertas dengan menggunakan printer. Setelah proses pengaturan halamn dan margins sesuai dengan keinginan maka langkah berikutnya adalah bagaimana mencetak file excel kedalam media kertas. Sebagian pengguna excel ada yang bertanya kenapa setiap ganti computer harus selalu mengatur halaman kembali / page setup. Hal ini sudah menjadi hal yang biasa dan berbeda dengan dokumen di Ms. Word yang apabila halaman page setup telah diatur sedemikian ruma, maka apabila dibuka di computer manapun tidak akan mengulangi kembali pangaturan halaman. Oke, untuk itu saya akan coba membahas tutorial dasar excel bagaimana cara mencetak seluruh dokumen maupun hanya sebagian dokumen (area tertentu)

  1. Langkah pertama seperti biasa silakan buka dokumen yang akan di cetak/print (untuk cara membuka file yang tersimpan sudah saya jelaskan pada tutorial dasar excel sebelumnya)
  2. Klik office button kemudian klik print

  3. Jika sudah selesai akan muncul jendela Print seperti berikut (langkah lain untuk mencetak dengan cepat Anda bisa gunakan fungsi kombinasi CTRL+P hasilnya akan sama akan muncul kotak print
    pilih printer
  4. Dari gambar diatas silakan pilih jenis printer yang sudah terinstal, kemudian pilih print All (jika yang akan di print semua halaman, pilih Page (jika yang akan dicetkan hanya halaman tertentu saja, pada print what pilih Active Sheets kemudian klik OK. Langkah ini tentuanya apabila Anda suadah yakin bahwa pengetikan yang Anda lakukan telah sesuai dengan ukuran kerta yang tersedia. Apabila belum yakin sebaiknya Anda print preview terlebih dahulu dengan cara klik office button kemudian pilih print dan klik Print Preview

  5. Jika sudah selesai makan akan terlihat bahwa tulisan yang akan dicetak ke kertas adalah seperti tampilan di print preview

  6. Kemudian klik icon Print dan siapkan kertas yang sesuai dengan ukuran di page setup. Sampai tahap ini berarti Anda sudah bias melakukan pencetakan lembar kerja Ms. Excel kedalam kertas
  7. Lalu bagaimana cara print sebagian saja (area yang dibutuhkan saja?) untuk mengatasi hal tersebut anda harus blok terlebih dahulu daerah mana saja yang akan di print misalnya saya akan mencetak table data pemilih saja maka

  8. Kemudian klik print / CTRL+P maka akan muncul kotak dialog print silakan pilih print what “Selections”

  9. Selain menggunakan print selection Anda juga bisa menggunakan set Print Area dari menu Page Setup

  10. Selesai

Demikian artikel tutorial excel dasar bagaimana cara mencetak dokumen/lembar kerja secara keseluruhan maupun sebagian semoga bermanfaat.

         Mencetak lembar kerja merupakan salah satu kebutuhan sebagai laporan, ada kalanya penyerahan laporan berbentuk file atau berbentuk cetak hasil print out. Namun terkadang bagi sebagian orang yang  belum terbiasa dalam mencetak menggunakan file Microsoft Excel akan kesulitan, terkadang tampilan akan tampak terpotong menjadi beberapa lembar. Hal ini membuat tampilan menjadi kurang menarik dan hasilnya tidak menyeluruh. Agar hasil cetak terlihat full page, ada beberapa cara yang agak sedikit berbeda dengan aplikasi microsoft office lainnya seperti, Microsoft Word, Microsoft PowerPoint maupun Microsoft Publisher. Pada Microsoft Excel ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni ukuran kertas, ukuran margin, besar kecilnya dokumen saat dicetak dan lain sebagainya.

Langkah-langkah dalam mencetak Microsoft Excel adalah:

Langkah #1 Buka dan siapkan Lembar kerja Microsoft Excel

Silahkan  buka lembar kerja file Excel yang akan di print dengan cara sebagai berikut, (klik disini).

Langkah #2 Atur Kertas

Untuk mengatur ukuran kertas, klik menu Page Layout --> Klik Margin --> Pilih Normal, --> Klik Orientation --> Portrait (Tegak berdiri) atau Landscape (Miring/ Tidur) pilih salah satu sesuaikan dengan kebutuhan, --> Klik Size --> Pilih A4 atau sesuai dengan kebutuhan.

Cara mengatur kertas

Langkah #3 Atur Area Cetak

Klik Page Layout --> Blok sel hingga terbentuk range untuk menentukan are mana yang akan di print --> Print  Area--> Set Print Area.

Cara mengatur Print Area

Langkah #4 Menampakkan Area yang akan di print

Untuk menampakkan area yang siap di print, Klik View --> Page Break Preview

Pada area putih terdapat tulisan page merupakan lembar kerja yang tampak jika di print/ cetak. Dan pada area abu-abu merupakan area yang tidak tercetak.

Cara menampakkan Print Area di lembar kerja

Langkah #5 Masuk ke menu Print

Untuk mencetak lembar kerja excel, ikuti beberapa langkah seperti berikut:

1. klik File/ Office Button atau secara cepat silahkan tekan Ctrl + P

2. Pilih Print

3. Pilih salah satu:

    - Print Active Sheets = Print sheet yang sedang aktif/ yang sedang dibuka

    - Print Entire Worksheet = Print seluruh lembar kerja

    - Print Selection = Print kelompok yang dipilih

4. Page = Tulis halaman yang akan di print, jika halaman lembar kerja lebih dari 1 atau jika ingin mencetak pada halaman tertentu.

5. Pilih pengaturan kertas yang sesuai dengan lembar kerja.

    - Portrait Orientation = Lembar kerja berdiri tegak

    - Landscape orientation = Lembar kerja tidur/ miring

6. Pilih size kertas yang diinginkan, Misalnya A4

7. Atur margin yang sesuai dengan lembar kerja, Misalnya Narrow Margins

8. Atur posisi lembar kerja agar tampak rapi, Misalnya Fit Sheet on One Page

9. Print preview lembar kerja, halaman 1 dari 1 halaman. Tampilan pada kolom di atas merupakan tampilan lembar kerja jika nanti sudah dicetak/ di print.

    Jika lembar kerja masih tampak terputus pada tampilan print preview, maka bisa klik page setup --> adjust to, pada kolom tersebut silahkan isi berapa persen agar tampilan lembar kerja tidak terpotong dan sesuaikan hingga tampilan lembar kerja pada print preview terlihat full page.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar seperti berikut.


Langkah untuk mencetak lembar kerja Excel adalah?

Pilih lembar kerja yang ingin Anda cetak. Pilih File > Cetak, atau tekan CTRL+P. Pilih tombol Cetak atau sesuaikan Pengaturan sebelum Anda memilih tombol Cetak .

Bagaimana cara print Excel Full Page?

Cara Print Excel Agar Full Kertas Buka lembar kerja Excel kamu. Klik Ctrl + P untuk masuk ke layar Print. Pilih ukuran kertas, orientasi, dan margin yang diinginkan. Jika data lebih berat di kolom, gunakan orientasi Landscape dan jika lebih berat di baris, gunakan orientasi Portrait.

Bagaimana cara print di Excel agar tidak terpotong?

Caranya dengan block sel yang ingin dicetak, selanjutnya klik File>Print. Pada bagian “Settings”, klik “Print Active Sheets” dan ubah ke “Print Selection”. Anda bisa tetap memilih “Print Active Sheets” untuk mencetak tabel pada sheet yang memang mengandung data. Demikian cara print Excel agar tidak terpotong.

Bagaimana cara mencetak dokumen Excel secara mendatar?

Pilih satu lembar kerja, beberapa lembar kerja, atau data lembar kerja yang ingin Anda cetak. Klik File > Cetak. Dalam kotak turun bawah Orientasi Halaman, pada Pengaturan, klik Orientasi Potret atau Orientasi Lanskap. Ketika Anda siap untuk mencetak, klik Cetak.