Cara memproteksi file excel agar tidak bisa diedit

Untuk mencegah pengguna lain secara tidak sengaja atau sengaja mengubah, memindahkan, atau menghapus data dalam lembar kerja, Anda bisa mengunci sel di lembar kerja Excel Anda lalu memproteksi lembar tersebut dengan kata sandi. Katakanlah Anda pemilik lembar kerja laporan status tim, di mana Anda ingin anggota tim menambahkan data hanya dalam sel tertentu dan tidak dapat memodifikasi hal lainnya. Dengan perlindungan lembar kerja, Anda hanya dapat membuat bagian tertentu dari lembar dapat diedit dan pengguna tidak akan dapat mengubah data di wilayah lain dalam lembar. 

Penting: Perlindungan tingkat lembar kerja tidak ditujukan sebagai fitur keamanan. Perlindungan ini hanya mencegah pengguna mengubah sel yang terkunci dalam lembar kerja. Memproteksi lembar kerja tidak sama dengan memproteksi file Excel atau buku kerja dengan kata sandi. Lihat informasi selengkapnya di bawah ini:

  • Untuk mengunci file Anda sehingga pengguna lain tidak bisa membukanya, lihat Melindungi file Excel.

  • Untuk mencegah pengguna menambahkan, mengubah, memindahkan, menyalin, atau menyembunyikan/menyembunyikan/menyembunyikan lembar di dalam buku kerja, lihat Melindungi buku kerja.

  • Untuk mengetahui perbedaan antara melindungi file, buku Excel, atau lembar kerja, lihat Proteksi dan keamanan dalam Excel.

Bagian berikut ini menjelaskan cara memproteksi dan membuka proteksi lembar kerja di Excel untuk Windows.

Berikut yang bisa Anda kunci di lembar yang tidak diproteksi:

  • Rumus: Jika Anda tidak ingin pengguna lain melihat rumus Anda, Anda bisa menyembunyikannya agar tidak terlihat di sel atau bilah Rumus. Untuk informasi selengkapnya, lihat Menampilkan atau menyembunyikan rumus.

  • Rentang: Anda bisa memungkinkan pengguna untuk bekerja dalam rentang tertentu di dalam lembar yang diproteksi. Untuk informasi selengkapnya, lihat Mengunci atau membuka kunci area tertentu dari lembar kerja yang diproteksi.

Catatan: ActiveX kontrol formulir, bentuk, bagan, SmartArt, Grafik Mini, Pemotong, Garis Waktu, misalnya, terkunci saat Anda menambahkannya ke lembar bentang. Namun, kunci hanya akan berfungsi ketika Anda mengaktifkan proteksi lembar. Lihat bagian berikutnya untuk informasi selengkapnya tentang cara mengaktifkan proteksi lembar.

Proteksi lembar kerja adalah proses dua langkah: langkah pertama adalah membuka kunci sel yang bisa diedit orang lain, lalu Anda bisa memproteksi lembar kerja tersebut dengan atau tanpa kata sandi.

Langkah 1: Membuka kunci setiap sel yang perlu diedit

  1. Dalam file Excel Anda, pilih tab lembar kerja yang ingin Anda proteksi.

  2. Pilih sel yang bisa diedit orang lain.

    Tips: Anda dapat memilih beberapa sel yang tidak bersebelahan dengan menekan Ctrl+Klik Kiri.

  3. Klik kanan di mana saja dalam lembar dan pilih Format Sel (atau gunakan Ctrl+1, atau Command+1 di Mac), lalu masuk ke tab Proteksi dan kosongkan Terkunci.

Langkah 2: Memproteksi lembar kerja

Berikutnya, pilih tindakan yang boleh dilakukan pengguna pada lembar, seperti menyisipkan atau menghapus kolom atau baris, mengedit objek, mengurutkan, atau menggunakan FilterOtomatis, misalnya. Selain itu, Anda juga dapat menentukan kata sandi untuk mengunci lembar kerja. Kata sandi mencegah orang lain menghapus proteksi lembar kerja—kata sandi harus dimasukkan untuk membuka proteksi lembar tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk memproteksi lembar Anda.

  1. Pada tab Tinjau , klik Proteksi Lembar.

  2. Dalam daftar Perbolehkan semua pengguna lembar kerja ini untuk, pilih elemen yang Anda inginkan agar bisa diubah oleh pengguna.

    Opsi

    Memungkinkan pengguna untuk

    Pilih sel yang dikunci

    Pindahkan penunjuk ke sel dengan kotak Terkunci dicentang pada tab Proteksi dari kotak dialog Format Sel. Secara default, pengguna diizinkan untuk memilih sel-sel terkunci.

    Pilih sel yang tidak dikunci

    Pindahkan penunjuk ke sel dengan kotak Terkunci dicentangpada tab Proteksi kotak dialog Format Sel. Secara default, pengguna dapat memilih sel yang tidak dikunci, dan mereka dapat menekan tombol TAB untuk berpindah di antara sel yang tidak dikunci pada lembar kerja yang diproteksi.

    Memformat sel

    Mengubah setiap opsi dalam kotak dialog Format Sel atau Pemformatan Bersyarat. Jika Anda menerapkan pemformatan sebelum Anda diproteksi lembar kerja, pemformatan akan terus berubah ketika pengguna memasukkan nilai yang memenuhi kondisi yang berbeda.

    Memformat kolom

    Gunakan setiap perintah pemformatan kolom, termasuk mengubah lebar kolom atau menyembunyikan kolom (tab Beranda, grup Sel, tombol Format).

    Memformat baris

    Gunakan setiap perintah pemformatan baris, termasuk mengubah tinggi baris atau menyembunyikan baris (tab Beranda, grup Sel, tombol Format).

    Menyisipkan kolom

    Menyisipkan kolom.

    Menyisipkan baris

    Menyisipkan baris.

    Menyisipkan hyperlink

    Menyisipkan hyperlink baru, bahkan di dalam sel yang tidak terkunci.

    Menghapus kolom

    Menghapus kolom.

    Catatan: Jika Hapus kolom diproteksi dan Sisipkan kolom tidak diproteksi, pengguna bisa menyisipkan kolom tapi tidak bisa menghapusnya.

    Menghapus baris

    Menghapus baris.

    Catatan: Jika Hapus baris diproteksi dan Sisipkan baris tidak diproteksi, maka pengguna bisa menyisipkan baris tapi tidak bisa menghapusnya.

    Mengurutkan

    Gunakan setiap perintah untuk mengurutkan data (tab Data, grup Urutkan & Filter).

    Catatan: Pengguna tidak dapat mengurutkan rentang pada lembar kerja yang diproteksi yang berisi sel yang dikunci, tanpa memperhatikan pengaturan ini.

    Gunakan FilterOtomatis

    Gunakan panah turun bawah untuk mengubah filter pada rentang ketika FilterOtomatis diterapkan.

    Catatan: Pengguna tidak bisa menerapkan atau menghapus FilterOtomatis pada lembar kerja yang diproteksi, terlepas dari pengaturan ini.

    Gunakan laporan PivotTable

    Memformat, mengubah tata letak, merefresh, atau memodifikasi laporan PivotTable, atau membuat laporan baru.

    Edit objek

    Lakukan salah satu hal berikut:

    • Buat perubahan pada objek grafik termasuk peta, bagan, bentuk, kotak teks dan kontrol yang disematkan, yang tidak Anda buka kuncinya sebelum Anda melindungi lembar kerja. Sebagai contoh, jika lembar kerja mempunyai tombol yang menjalankan makro, Anda dapat mengklik tombol untuk menjalankan makro, namun Anda tidak dapat menghapus tombol.

    • Buat perubahan, seperti pemformatan, untuk bagan yang disematkan. Bagan terus diperbarui ketika Anda mengubah sumber datanya.

    • Menambahkan atau mengedit catatan.

    Mengedit skenario

    Tampilkan skenario yang Anda sembunyikan, buat perubahan untuk skenario yang telah Anda cegah untuk dibuat, dan hapus skenario ini. Pengguna dapat mengubah nilai di dalam sel yang berubah, jika sel tidak diproteksi, dan menambahkan skenario baru.

  3. Secara opsional, masukkan kata sandi dalam kotak Kata sandi untuk membuka proteksi lembar dan klik OK. Memasukkan kembali kata sandi dalam kotak dialog Konfirmasi Kata Sandi dan klik OK.

    Penting: 

    • Gunakan kata sandi yang kuat dengan menggabungkan huruf besar dan huruf kecil, angka, dan simbol. Kata sandi yang lemah tidak menggabungkan elemen ini. Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih. Passphrase yang menggunakan 14 karakter atau lebih akan lebih baik.

    • Penting bagi Anda untuk mengingat kata sandi Anda. Jika Anda lupa kata sandi Anda, Microsoft tidak dapat mengembalikannya.

Opsi Proteksi Lembar pada pita berubah menjadi Buka Proteksi Lembar saat lembar diproteksi. Untuk menampilkan opsi ini, klik tab Tinjau pada pita, dan di Perubahan, lihat Membuka Proteksi Lembar.

Untuk membuka proteksi lembar, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka lembar kerja yang ingin Anda buka proteksinya.

  2. Masuk ke File > Info > Proteksi > Buka Proteksi Lembar, ataudari tab Tinjau, > Perubahan > BukaProteksi Lembar.

  3. Jika lembar diproteksi dengan kata sandi, masukkan kata sandi dalam kotak dialog Buka Proteksi Lembar dan klik OK.

Bagian berikut ini menjelaskan cara memproteksi dan membuka proteksi lembar kerja Excel untuk Web.

  1. Pilih Tinjau > Kelola Proteksi.

  2. Untuk mengaktifkan proteksi, di panel tugas Kelola Proteksi, pilih Proteksi lembar.

    Catatan     Meskipun Anda dapat memproteksi bagian lembar secara selektif dengan mengatur berbagai opsi di bagian Opsi, pengaturan ini hanya berlaku ketika pengaturan Proteksi lembar aktif.

  3. Secara default, seluruh lembar dikunci dan diproteksi.  Untuk membuka kunci rentang tertentu, pilih Rentang tidak terkunci, lalu masukkan nama rentang dan rentang sel. Anda bisa menambahkan lebih dari satu rentang.

  4. Secara opsional, untuk mengharuskan kata sandi mengedit rentang, pilih Kata sandi rentang, masukkan dan konfirmasi kata sandi, lalu pilih Simpan. Pastikan proteksi lembar diaktifkan.

  5. Secara opsional, untuk mengontrol kemampuan mengedit proteksi untuk seluruh lembar dengan kata sandi, pilih Kata sandi proteksi lembar, masukkan dan konfirmasi kata sandi, lalu pilih Simpan.

    Penting

    • Gunakan kata sandi yang kuat dengan menggabungkan huruf besar dan huruf kecil, angka, dan simbol. Kata sandi yang lemah tidak menggabungkan elemen ini. Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih. Pastikan tombol CAPS LOCK nonaktif dan gunakan kapitalisasi yang benar. Kata sandi peka huruf besar-kecil.

    • Penting bagi Anda untuk mengingat kata sandi Anda. Jika Anda lupa kata sandi Anda, Microsoft tidak dapat mengembalikannya.

  6. Secara opsional, jika Anda ingin mengaktifkan dan menonaktifkan elemen lembar tertentu secara selektif, pilih bagian Opsi, lalu pilih satu atau beberapa opsi.

    Opsi

    Memungkinkan pengguna untuk

    Pilih sel yang dikunci

    Pindahkan penunjuk ke sel dengan kotak Terkunci dicentang pada tab Proteksi dari kotak dialog Format Sel. Secara default, pengguna diizinkan untuk memilih sel-sel terkunci.

    Pilih sel yang tidak dikunci

    Pindahkan penunjuk ke sel dengan kotak Terkunci dicentangpada tab Proteksi kotak dialog Format Sel. Secara default, pengguna dapat memilih sel yang tidak dikunci, dan mereka dapat menekan tombol TAB untuk berpindah di antara sel yang tidak dikunci pada lembar kerja yang diproteksi.

    Format sel

    Ubah setiap opsi di grup Font dan Perataan pada tab Beranda.

    Catatan      Jika pemformatan sel dan properti tersembunyi sebelumnya diproteksi menggunakan kotak dialogFormat Sel atau Pemformatan Bersyarat, sel akan tetap diproteksi, tetapi Anda hanya dapat mengubah opsi dalam kotak dialog ini menggunakan Excel untuk Windows. Jika Anda menerapkan pemformatan sebelum Anda diproteksi lembar kerja, pemformatan akan terus berubah ketika pengguna memasukkan nilai yang memenuhi kondisi yang berbeda.

    Memformat kolom

    Gunakan setiap perintah pemformatan kolom, termasuk mengubah lebar kolom atau menyembunyikan kolom (tab Beranda, grup Sel, tombol Format).

    Memformat baris

    Gunakan setiap perintah pemformatan baris, termasuk mengubah tinggi baris atau menyembunyikan baris (tab Beranda, grup Sel, tombol Format).

    Menyisipkan kolom

    Menyisipkan kolom.

    Menyisipkan baris

    Menyisipkan baris.

    Menyisipkan hyperlink

    Menyisipkan hyperlink baru, bahkan di dalam sel yang tidak terkunci.

    Menghapus kolom

    Menghapus kolom.

    Catatan: Jika Hapus kolom diproteksi dan Sisipkan kolom tidak diproteksi, pengguna bisa menyisipkan kolom tapi tidak bisa menghapusnya.

    Menghapus baris

    Menghapus baris.

    Catatan: Jika Hapus baris diproteksi dan Sisipkan baris tidak diproteksi, maka pengguna bisa menyisipkan baris tapi tidak bisa menghapusnya.

    Mengurutkan

    Gunakan setiap perintah untuk mengurutkan data (tab Data, grup Urutkan & Filter).

    Catatan: Pengguna tidak dapat mengurutkan rentang pada lembar kerja yang diproteksi yang berisi sel yang dikunci, tanpa memperhatikan pengaturan ini.

    Gunakan FilterOtomatis

    Gunakan panah turun bawah untuk mengubah filter pada rentang ketika FilterOtomatis diterapkan.

    Catatan: Pengguna tidak bisa menerapkan atau menghapus FilterOtomatis pada lembar kerja yang diproteksi, terlepas dari pengaturan ini.

    Gunakan laporan PivotTable

    Memformat, mengubah tata letak, merefresh, atau memodifikasi laporan PivotTable, atau membuat laporan baru.

    Edit objek

    Lakukan salah satu hal berikut:

    • Buat perubahan pada objek grafik termasuk peta, bagan, bentuk, kotak teks dan kontrol yang disematkan, yang tidak Anda buka kuncinya sebelum Anda melindungi lembar kerja. Sebagai contoh, jika lembar kerja mempunyai tombol yang menjalankan makro, Anda dapat mengklik tombol untuk menjalankan makro, namun Anda tidak dapat menghapus tombol.

    • Buat perubahan, seperti pemformatan, untuk bagan yang disematkan. Bagan terus diperbarui ketika Anda mengubah sumber datanya.

    • Menambahkan atau mengedit catatan.

    Mengedit skenario

    Tampilkan skenario yang Anda sembunyikan, buat perubahan untuk skenario yang telah Anda cegah untuk dibuat, dan hapus skenario ini. Pengguna dapat mengubah nilai di dalam sel yang berubah, jika sel tidak diproteksi, dan menambahkan skenario baru.

    Catatan

    • Jika Anda tidak ingin pengguna lain melihat rumus Anda, Anda dapat menyembunyikannya agar tidak terlihat di sel atau bilah Rumus. Untuk informasi selengkapnya, lihat Menampilkan atau menyembunyikan rumus.

    • ActiveX kontrol formulir, bentuk, bagan, SmartArt, Grafik Mini, Pemotong, Garis Waktu, dan lain-lain, sudah terkunci saat Anda menambahkannya ke lembar bentang. Namun, kunci hanya berfungsi ketika Anda mengaktifkan proteksi lembar. Untuk informasi selengkapnya, lihat Memproteksi kontrol dan sel tertaut pada lembar kerja.

Ada dua cara untuk membuka proteksi lembar, menonaktifkannya atau menjedanya.

Nonaktifkan proteksi

  1. Pilih Tinjau > Kelola Proteksi.

  2. Untuk menonaktifkan proteksi, Di panel tugas Kelola Proteksi, nonaktifkan Proteksi lembar.

Jeda proteksi

Proteksi jeda menonaktifkan proteksi untuk sesi pengeditan saat ini sekaligus menjaga proteksi bagi pengguna lain dalam buku kerja. Misalnya, Anda dapat menjeda proteksi untuk mengedit rentang terkunci tetapi mempertahankan proteksi untuk pengguna lain.

  1. Untuk menjeda proteksi lembar, pilih Tinjau > Proteksi Jeda.

    Catatan

    Jika    lembar memiliki kata sandi proteksi, Anda harus memasukkan kata sandi tersebut untuk menjeda proteksi.

  2. Untuk melanjutkan proteksi lembar, pilih Tinjau > Lanjutkan Proteksi.

Di bagian bawah lembar, tab lembar menampilkan ikon terkunci jika lembar diproteksi (Sheet1), dan ikon tidak terkunci jika dijeda (Sheet2).

Lihat Juga

Perlindungan dan keamanan di Excel

Melindungi file Excel

Memproteksi buku kerja

Mengunci atau membuka kunci area tertentu dari lembar kerja yang diproteksi

Mengunci sel untuk memproteksinya

Menampilkan atau menyembunyikan rumus

Memproteksi kontrol dan sel tertaut pada lembar kerja

Menyalin dan menempelkan dalam lembar kerja yang diproteksi

Video: Melindungi buku kerja dan lembar kerja dengan kata Excel 2013)

Bagaimana cara agar File Excel tidak bisa diedit?

Mengaktifkan proteksi lembar kerja.
Dalam file Excel Anda, pilih tab lembar kerja yang ingin Anda proteksi..
Pilih sel yang bisa diedit orang lain. ... .
Klik kanan di mana saja dalam lembar dan pilih Format Sel (atau gunakan Ctrl+1, atau Command+1 di Mac), lalu masuk ke tab Proteksi dan kosongkan Terkunci..

Bagaimana cara mengunci nilai di Excel?

Untuk mengunci sel.
Pilih sel yang ingin dikunci..
Pada menu Format, klik Sel, atau tekan. ... .
Klik tab Proteksi, lalu pastikan kotak centang Terkunci telah dipilih. ... .
Jika ada sel yang tidak terkunci, pilih sel tersebut. ... .
Pada tab Tinjau, klik Proteksi Lembar atau Proteksi Buku Kerja..

Langkah langkah memproteksi worksheet?

Proteksi Tingkat Worksheet.
Buka Tab Review -- Group Changes kemudian pilih menu protect sheet ..
Centang opsi Protect worksheet and contents of locked cells..
Tentukan opsi apa saja yang anda ijinkan untuk dilakukan pengguna file pada bagian Allow all users of this worksheet to:.