Brilio.net - Bagi yang awalnya pengguna Android lalu berpindah menggunakan iPhone dan iPad, tentu mengalami sedikit kesusahan untuk beradaptasi mempelajari hal baru. Salah satu bentuk beradaptasi yang perlu diperhatikan adalah mengetahui cara download aplikasi gratis di iPhone dan iPad.

Seperti yang sudah diketahui, semua perangkat iOS baik iPhone, iPad, iPod, maupun macbook adalah produk eksklusif dari Apple. Oleh karena itu, penggunanya tak bisa sembarangan mengunduh aplikasi maupun game dari luar perangkat maupun dari browser Safari saja. Perangkat Apple harus menerima aplikasi dan game asli dan legal.

Namun bila kamu pengguna baru produk Apple tak perlu khawatir bila kesusahan mengetahui cara download aplikasi gratis di iPhone. Karena pada artikel kali ini akan brilio.net sajikan beberapa tips mengenai cara download aplikasi gratis di iPhone secara legal dan aman.

Tanpa berlama-lama lagi dihimpun brilio.net dari situs resmi Apple pada Rabu (5/1), berikut cara download aplikasi gratis di iPhone dan iPad:

Cara download aplikasi gratis di iPhone

1. Di iPhone, iPad, atau iPod touch, buka app App Store.
2. Cari app atau game yang hendak diunduh.
3. Ketuk tombol harga atau dapatkan. Jika yang Anda lihat adalah tombol "Buka", bukan harga atau Dapatkan, artinya Anda sudah membeli atau mengunduh app tersebut.

Jika app menampilkan tombol Dapatkan di App Store bukan harga, berarti app tersebut gratis. Kamu tidak akan dikenakan biaya untuk mengunduh app gratis. Beberapa app gratis menawarkan pembelian in-app dan langganan yang dapat dibeli. Langganan dan pembelian in-app memberi Anda akses ke lebih banyak fitur, konten, dan lain sebagainya.

Cara menemukan app yang sudah kamu beli

Kamu dapat menemukan app yang sudah dibeli di Perpustakaan App. Misal, bila kamu membeli app iMessage, Anda dapat menemukan app tersebut di Pesan. Selain itu, kamu juga dapat melihat daftar app yang dibeli dan diunduh ulang. Untungnya saat mengunduh ulang app, kamu tidak perlu membayar lagi.

Cara jika kamu tidak dapat menemukan App Store

Jika App Store hilang dari perangkat iOS kamu, mungkin kamu perlu menyalakan pengawasan orang tua. Sesuaikan pengaturan Pembelian iTunes & App Store dan pastikan kamu telah memilih "Izinkan" untuk pengaturan Menginstal App. Dengan begitu, App Store akan muncul kembali di perangkat kamu.

Cara menangani masalah saat mengunduh app

ID Apple sangat diperlukan untuk membeli aplikasi di App Store untuk sarana metode pembayaran. Namun bila kamu hendak mengunduh app secara gratis, kamu mungkin masih harus menentukan metode pembayaran:

1. Jika kamu gagal mengunduh app karena metode pembayaran ditolak, perbarui atau ubah metode pembayaran yang kamu gunakan saat ini.
2. Jika kamu tidak bisa masuk ke App Store, cari tahu tindakan yang dapat dilakukan jika kamu lupa atau lupa kata sandi ID Apple melalui website resmi Apple Support.
3. Jika kamu mengalami masalah saat mengunduh app yang lebih besar dari 200 MB melalui seluler, langsung menuju ke opsi Pengaturan > Ketuk App Store > ketuk Pengunduhan App > ketuk Selalu Izinkan.

Cara menangani app yang tidak berfungsi

Jika app gratis yang kamu baru saja unduh tidak berjalan dengan baik atau tidak berfungsi, ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan. Untuk lebih lengkapnya, simak cara-cara berikut ini:

1. Menutup dan membuka kembali app.
2. Memulai ulang perangkat.
3. Memeriksa pembaruan.
4. Menghapus app, lalu mengunduh ulang app.

RECOMMENDED
  • 11 Aplikasi live streaming terpopuler, tempat siaran para artis
  • Cara download suara Google Translate di HP dan laptop, mudah dilakukan
  • 11 Aplikasi edit foto bergerak gratis, bikin lebih unik dan kece
  • 11 Aplikasi karaoke gratis di Android, hilangkan stres tanpa bayar
  • 5 Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD, cepat dan nggak ribet