Bagaimana sikapmu jika ada teman yang tidak mau diajak kerjasama

Ilustrasi kerja kelompok. Foto: Shutterstock

Setiap orang, pasti punya caranya tersendiri untuk belajar ataupun menyelesaikan tugas.

Beberapa lebih memilih untuk menyelesaikan tugas sendiri karena cenderung lebih fokus dan tahu betul apa yang harus ia selesaikan.

Karena faktanya, kerja kelompok enggak selamanya mulus dan memudahkan, lho. Justru terlalu banyak pendapat biasanya jauh lebih menjengkelkan. Terlebih, jika di dalam kelompok terdapat satu anggota yang pemalas dan cuek dengan tanggung jawab kelompok.

Nah, daripada kamu selalu dibuat kesal dan dibiarkan bekerja sendiri, lebih baik simak tips yang perlu kamu ikuti di bawah ini, ya.

  1. Buat kesepakatan dan konsekuensi secara bersama

Hal yang harus kamu lakukan untuk menghadapi teman kelompok yang pemalas adalah buat kesepakatan dan konsekuensi secara bersama agar setiap anggota kelompok berkomitmen untuk mau mengerjakan tugas. Selain itu, diterapkannya konsukensi sebagai hukuman kalau ada temanmu yang menelantarkan tugasnya.

  1. Berdiskusi secara intensif

Sebelum kita mengeksekusi apa saja yang perlu dikerjakan dalam tugas kelompok, ajaklah semua anggota kelompok untuk berdiskusi.

Diskusi ini bertujuan agar semua anggota kelompok mengerti tugas serta apa yang harus dikerjakan. Kalau temanmu beralasan enggak bisa hadir untuk diskusi, gunakan media sosial yang ada, kamu bisa buat group chat sebagai media untuk berdiskusi

  1. Membagi tugas dengan adil

Membagi tugas dengan materi-materi tertentu akan mempermudah pekerjaan kamu, lho. Jadi, kamu enggak perlu mengerjakannya sendiri. Bukankah ini tujuan awal dibentuknya tugas kelompok?

Beri kepercayaan dan ingatkan teman sekelompok bahwa kesepkatan telah dibuat dan terapkan konsekuensi bersama sebelumnya, agar temanmu mau menerima tugas dan mengerjakannya.

Enggak perlu merasa sungkan untuk mengingatkan kepada sesama teman kelompokmu untuk mengerjakan tugas yang sudah dibagi secara adil.

Kalau kamu enggak bersikap tegas, mereka malah akan bersikap semena-mena dan menghiraukan kesepakatan atau konsekuensi yang telah disepakati bersama.

Jadi, kalau kamu mendapati teman-teman yang pemalas dan biarkan kamu untuk kerja sendiri, jangan mau! kalau mereka masih menyanggah, enggak usah ditulis sebagai teman kelompok.

Penulis: Aulania Silviananda


Page 2

Diperbarui 07 Des 2020 - Dibaca 6 mnt

Dalam bekerja memang tidak semuanya bikin bahagia, termasuk rekan kerja kita sendiri. Nah, ternyata ada, lho, cara menghadapi teman kerja yang kurang menyenangkan.

Kamu tidak perlu banyak mengeluh tentang temanmu ini, nanti pekerjaan kamu malah jadi keteteran dan tidak maksimal. Tetaplah sabar dalam menghadapinya.

Nah, Glints punya beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam menghadapi teman kamu yang kurang menyenangkan ini. Simak tipsnya berikut ini.

Baca Juga: 4 Hal yang Membuat Kamu Jenuh Bekerja Tanpa Disadari

1. Ajak bicara

© Pexels.com

Tips pertama yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi teman kerja yang kurang menyenangkan adalah dengan mengajaknya berbicara empat mata.

Hal ini tidak terkesan ekstrem kok. Terkadang ia justru tidak sadar bahwa kelakuannya membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Nah, dengan kejujuranmu ini, mungkin teman kerjamu bisa berubah menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

Ketika kamu mengajaknya berbicara coba untuk jujur dengan sikap mereka yang kurang menyenangkan.

Menurut ahli dunia kerja Lynn Taylor sebagaimana dikutip Business Insider, cobalah bicara terus terang namun tetap hati-hati. Bicarakan secara pribadi dan biarkan ia tetap merasa dihargai.

2. Tetap berusaha bersikap baik

© Freepik.com

Walau pasti akan susah untuk menghadapi teman kerja yang kurang menyenangkan, kamu tidak boleh membuat suasana semakin memanas. 

Meski kamu mungkin sangat kesal, cobalah untuk tetap bersikap baik di depannya. Sebab, bagaimanapun juga, temanmu ini pasti punya nilai plus tersendiri yang membuatnya bisa bekerja denganmu.

Dilansir dari The Balance Careers, hadapilah teman kerja yang kurang menyenangkan dengan dewasa. Bisa jadi dengan sikap kamu yang tetap baik dan lebih dewasa, temanmu akan lebih menghormatimu.

3. Tetap fokus pada pekerjaan

Memang, rasa kesal terutama terhadap teman kerja yang kurang menyenangkan akan sangat susah dihilangkan. Namun, ingatlah bahwa kamu masih punya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Dengan mengalihkan pikiran kamu kepada tujuan dan pekerjaanmu, kamu akan lebih bisa berkembang daripada selalu terpuruk dalam kekesalan.

Ingatlah pada alasan utama kenapa kamu ingin bekerja di perusahaan dan melakukan pekerjaan kamu sekarang.

Baca Juga: Kerja di Rumah? Intip 4 Alternatif Kegiatan Bonding Kantor di Sini

4. Bangun pembatas

Membangun batas bukan berarti membuat temanmu ini menjadi musuh. Hal ini lebih kepada mengurangi interaksi terhadap teman kerja yang kurang menyenangkan. 

Jika kamu berada di tim atau proyek yang berbeda, kamu bisa menjauhinya dan lebih fokus terhadap pekerjaanmu sendiri.

Nah, kalau kamu berada di tim yang sama, kamu tetap bisa mengurangi interaksi dan coba untuk berbicara jika memang benar-benar dibutuhkan saja.

Akan tetapi, tetap lakukan semua pekerjaan dengan profesional, ya.

5. Cari solusi bersama atasan atau HRD

© Freepik.com

Jika kamu sudah mencoba segala cara sampai menjauhinya tapi masih tidak mempan, mungkin ini saat yang tepat untuk menceritakannya kepada atasan.

Apabila teman kerja yang kurang menyenangkan ini sering bekerja sama denganmu, kamu bisa mencari solusi yang tepat bersama atasan. Ini penting agar performance-mu tidak terpengaruh.

Selain kepada atasan, kamu pun bisa menceritakan hal ini kepada tim HRD.

Mereka pasti akan mencoba membantu dalam menemukan solusi yang tepat dan baik untuk kedua belah pihak.

Dalam menceritakan permasalahanmu ke orang lain, usahakan untuk tetap bercerita secara objektif dan jangan menjatuhkan ya.

6. Introspeksi diri sendiri

Iya betul, tidak hanya mengamati teman, kamu juga harus melihat ke dalam diri sendiri.

Mungkin saja teman bersikap seperti itu, karena ada perilakumu yang kurang menyenangkan juga. 

Melalui introspeksi ini, kamu bisa lebih tahu tentang kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Selain itu, kamu pun bisa bekerja dan berperilaku lebih baik lagi kedepannya agar bisa lebih nyaman bekerja.

Baca Juga: 7 Strategi Menolak Teman Pinjam Uang agar Hubungan Tetap Erat

Jadi sekarang sudah tahu kan cara menghadapi teman kerja yang kurang menyenangkan? Jangan lupa untuk dilakukan, ya.

Ingin tahu lebih banyak tentang cara menghadapi teman kantor seperti ini. Tenang, para profesional di Glints Komunitas bisa membantumu, lho!

Glints Komunitas adalah wadah diskusi para pengguna Glints dan profesional yang berisi beragam topik tentang dunia kerja.

Nah, daripada bingung sendiri menghadapi rekan kerja kurang menyenangkan, yuk tanya di Glints Komunitas sekarang juga!

Video yang berhubungan