apa yang membuat kamu tertarik dengan permainan tradisional benteng-bentengan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Aturan Permainan Tradisional Benteng Bentengan dan Gobak Sodor
Ilustrasi Permainan Tradisional. (Foto: https://flickr.com)

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki berbagai permainan tradisional yang sangat menyenangkan dan membuat hati gembira? Melalui permainan tradisional, kita diajarkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman sebaya.

ADVERTISEMENT

Dalam setiap permainan tradisional, anak-anak diajarkan untuk bermain dengan semangat dan sportivitas yang dijunjung tinggi. Tidak hanya itu, permainan tradisional juga melatih kecerdasan dan mengajarkan nilai-nilai luhur yang baik.

Dikutip dari buku Permainan Tradisional Anak Negeri yang ditulis oleh Huri Yani (2018: 4), permainan tradisional yang ada di Indonesia merupakan permainan yang sederhana dan murah. Kamu dapat bermain hanya dengan peralatan seadanya yang dapat kamu temukan di sekitar rumah.

Artikel kali ini akan membahas tentang aturan permainan tradisional benteng bentengan dan gobak sodor yang cocok dimainkan bersama teman-teman.

Aturan Permainan Tradisional Benteng Bentengan dan Gobak Sodor

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Gobak Sodor. (Foto: https://flickr.com)

Pernahkah kamu bermain permainan tradisional benteng bentengan dan gobak sodor? Jika belum pernah, kamu harus mencobanya karena permainan ini sangat mengasyikan. Tidak perlu takut untuk mencoba permainan benteng bentengan dan gobak sodor.

ADVERTISEMENT

Untuk kamu yang pertama kali mencoba bermain benteng bentengan dan gobak sodor, berikut aturan permainan tradisional benteng bentengan dan gobak sodor yang dikutip dari buku Rangkuman Materi Kelas 4 SD Tematik Kurikulum 2013 Revisi yang ditulis oleh Soal Tematik (2019).

Benteng Bentengan

1. Permainan bentengan terdiri dari 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 46 pemain.

2. Permainan ini dilakukan dengan menjaga benteng yang berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu. Tonggak tersebut dijadikan sebagai basecamp masing-masing kelompok.

3. Permainan bentengan yang keluar dari basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Apabila pemain dikejar dan tersentuh tangan oleh musuh, pemain tersebut dianggap tertangkap dan ditempatkan sebagai tawanan.

ADVERTISEMENT

4. Pemain dapat kembali mempertahankan bentengnya apabila sudah diselamatkan temannya dengan cara disentuh tangannya atau bagian tubuh lainnya.

5. Kelompok yang menang adalah kelompok pemain yang menyentuh basecamp musuh dan mendapatkan nilai.

Gobak Sodor

1. Permainan ini dibagi menjadi dua kelompok, tim jaga dn tim serang. Masing-masing tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang yang telah ditentukan.

2. Hanya pemain yang bertindak sebagai sodor lah yang boleh melalui garis melintang pertama (garis sodor).

3. Tim serang harus melewati semua garis melintang. Apabila salah satu pemain bisa sampai ke pengkalan tanpa tersentuh tim penjaga, maka tim serang menang. Namun apabila salah satu pemain tersentuh tim penjaga, maka tim jaga lah yang dinyatakan pemenang.

ADVERTISEMENT

4. Apabila satu petak sudah terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan permainan digantikan menjadi tim jaga.

Apakah kamu tertarik untuk bermain permainan tradisional benteng bentengan dan gobak sodor? Selamat bermain bersama teman-teman! (CHL)

Video