Apa fungsinya ragam hias pada bahan kayu?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Jelaskan Tiga Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu
Ilustrasi jelasakan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu. Sumber; Unsplash

Jelaskan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu jati! Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka kita perlu memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan ragam hias.

ADVERTISEMENT

Pada dasarnya ragam hias merupakan sebutan bagi model hiasan, corak atau motif pada media tertentu yang akan menambah nilai estetika dari media tersebut. Ragam hias biasanya dapat kita temukan dalam berbagai media, misalnya saja media tekstil ataupun permukaan bahan kayu. Oleh karena itu, dalam artikel berikut ini kita akan mengulas tentang tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu.

Jelaskan Tiga Teknik Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Ragam hias yang disematkan pada bahan kayu memiliki fungsi utama untuk meningkatkan nilai estetika dari produk kayu tersebut. jika nilai estetikanya meningkat, maka nilai jual barang tersebut tentunya juga akan meningkat pula, oleh karena itu, penambahan ragam hias pada media kayu tersebut berperan penting untuk menarik minat pembeli.

ADVERTISEMENT

Mengutip dari buku The Art of Embroidery Desains, Yuliarma (2016: 72), jika kita ingin menambahkan ragam hias, maka terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait motif hiasan yang akan diberikan pada media pilihan. Misalnya saja memperhatikan bagaimana bentuk dan motifnya, bagaimana warnya serta teksturnya agar bisa menambah nilai estetika dari media terkait.

Setelah mempertimbangkan beberapa aspek tadi, maka selanjutnya kita bisa memilih teknik mana yang ingin digunakan dalam menambahkan ragam hias dalam media berbahan kayu. secara umum terdapat tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu, jika anda diminta untuk jelaskan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu, maka begini jawabannya!

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Lihat
Ilustrasi jelasakan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu. Sumber; Unsplash
  1. Melukis, yaitu cara penerapan ragam hias dengan melukis atau memoleskan motif hiasan tertentu pada permukaan bahan kayu menggunakan cat atau politur

  2. Mengukir, yaitu penerapan ragam hias dengan membuat tonjolan atau cekungan pada permukaan kayu agar menghasilkan tekstur pola tertentu

  3. Menggabungkan teknik seni lukis dan ukir, yaitu membuat ragam hiasan dengan mengukir permukaan kayu, kemudian hasil ukiran diberikan warna cat lukis agar semakin estetik

ADVERTISEMENT

Demikianlah ulasan singkat tentang jawaban dari pertanyaaan jelaskan tiga teknik penerapan ragam hias pada bahan kayu. Semoga informasi singkat di atas dapat membantu anda memahami teknik penerapan ragam hias pada media kayu. Semoga bermanfaaat! (HAI)

Video