Apa dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara?

Selain itu, porsi melakukan tanggung jawab juga tergantung profesi dan posisi mereka dalam lingkungan tersebut.

Lalu, bagaimana melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara?

Sebelum mengetahui kunci jawabannya, simak pembahasan tentang tanggung jawab yang dapat diketahui melalui pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Menuju Masyarakat Sejahtera, Subtema 3: Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat.

Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), materinya adalah Melaksanakan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara, tepatnya halaman 70.

Namun, sebelumnya teman-teman bisa mencoba mengerjakan soalnya sendiri terlebih dahulu. 

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.  

Bagaimanakah melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara? 

Jawaban: 

Baca Juga: 4 Dampak dari Pelaksanaan Tanggung Jawab, Materi Kelas 6 SD/MI

Indonesia mengatur pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 hingga Pasal 34.

Berikut, beberapa cara melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara, yaitu: 

1. Memahami dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan. 

2. Menjaga nama baik bangsa dan negara di dunia internasional. 

3. Menjaga keutuhan bangsa dengan mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan. 

4. Menjaga nilai-nilai toleransi sesama warga negara untuk mencapai cita-cita bangsa. 

5. Menjaga kerukunan sesama warga negara. 

6. Meningkatkan wawasan kebangsaan dan menanamkan rasa nasionalisme. 

7. Membayar pajak demi pembangunan negara. 

8. Menjaga fasilitas umum yang sudah disediakan dari pajak warga negaranya. 

9. Menaati undang-undang dan peraturan yang berlaku di dalam negeri. 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 4, Apa yang Terjadi Jika Setiap Individu Sadar dan Melaksanakan Tanggung Jawab?

10. Menaati norma yang ada di lingkungan masyarakat. 

11. Menaati peraturan lalu lintas demi keamanan diri sendiri dan orang lain. 

12. Beribadah sesuai ajaran agama masing-masing dan menghormati umat beragama lainnya. 

13. Menghormat warga negara tanpa memandang status sosial, suku, agama, atau ras. 

14. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 

15. Membeli dan menggunakan produk dalam negeri untuk mendukung UMKM. 

16. Melakukan musyawarah mufakat dengan semangat kekeluargaan untuk kepentingan bersama. 

Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.  

Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Menuju Masyarakat Sejahtera, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Masmedia.  

Baca Juga: Macam-Macam Manfaat yang Diperoleh Jika Melaksanakan Kewajiban, Materi Kelas 6 SD/MI

---

Kuis!Aapa undang-undang yang mengatur tanggung jawab warga negara?Petunjuk: Cek halaman 2!

Tonton video ini, yuk!  

----  

Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.  

Khusus di bulan Oktober 2022, ada diskon 10% untuk berlangganan semua majalah dari Media Anak Grid Network - Kompas Gramedia.  

bloggers.id Halo sobat pintar yang cerdas dan baik hati. Masihkah kalian ingat pembelajaran kemarin? Kita sudah mempelajari tentang Wujud Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara. Dan pada materi yang terdapat Pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 kali ini, kita akan memepelajari tentang Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab yang terdapat dalam bacaan pada pembelajaran ini. Yuk Kita simak bersama-sama.

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab Halaman 98

Ayah Udin membayar pajak tepat waktu. Membayar pajak merupakan kewajiban warga negara. Adapun tanggung jawab warga negara adalah membayar pajak tepat waktu. Ayah Udin telah membayar pajak tepat waktu. Artinya, ayah Udin telah melaksanakan kewajiban dengan benar. Oleh karena itu, ayah Udin bisa dikatakan telah melaksanakan tanggung jawabnya dengan benar yaitu membayar pajak tepat waktu. Bagaimana jika semua warga negara memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan kewajibannya seperti ayah Udin? Apa dampak yang ditimbulkan?

Jawaban : jika semua warga negara memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan kewajibannya seperti ayah Udin, Negara akan sejahtera dan dapat melaksanakan amanat pembangunan menjadi negara yang lebih maju.

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab Halaman 99

Ayo Membaca

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Jika semua warga negara memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka akan tercipta kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya, jika warga negara tidak memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka tujuan negara yaitu masyarakat sejahtera tidak akan pernah terwujud.

Baca Juga Diagram Alur Jenis Penyakit Peredaran Darah Manusia

Salah satu contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara adalah melaksanakan kewajiban membayar pajak tepat waktu. Pajak yang dibayarkan oleh warga negara sebenarnya digunakan untuk pembangunan bangsa. Misalnya, untuk pembangunan jalan, jembatan, fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit. Jika pembayaran pajak dilakukan tepat waktu maka pembangunan akan berlangsung dengan baik. Hal tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi melaksanakan tanggung jawab membayar pajak tepat waktu akan memberikan dampak positif bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga persatuan dan kesatuan dapat dilaksanakan dengan sa- ling membina kerukunan diantara warga masyarakat, antarpemeluk agama, suku, ras, dan budaya. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong-royong dalam kehidupan masyarakat akan mewujudkan persatuan dan kesatuan. Jika persatuan dan kesatuan terwujud dengan baik akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat.

Tanggung jawab tidak hanya tercermin pada pelaksanaan kewajiban, tetapi juga tercermin pada pelaksanaan hak dengan benar. Contoh pelaksanaan hak dengan benar antara lain memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan, hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam, serta memanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannya. Menjaga kelestarian sumber daya alam bisa dilakukan dengan melakukan pembaruan, misalnya melakukan penghijauan kembali dan pembibitan. Menjaga kelestarian sumber daya alam berkaitan dengan pelaksanaan hak juga dapat dilakukan dengan tidak mengambil habitat laut saat menikmati keindahan alam laut.

Pada kenyataannya masih banyak warga negara yang belum melaksanakan tanggung jawabnya atas hak dan kewajiban dengan benar dan sungguh- sungguh. Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang tidak dilaksanakan dengan benar akan membawa dampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat. Contoh perbuatan tidak bertanggung jawab serta merugikan bangsa dan negara antara lain korupsi, kriminalitas, dan penyalahgunaan kekuasaan. Perbuatan-perbuatan tersebut sudah seharusnya dihilangkan dengan menegakkan hukum agar tidak ada lagi perbuatan sama di kemudian hari.

Baca Juga Mengenal Lagu Bertangga Nada Mayor dan Minor

Sebagai warga negara, kita harus selalu melaksanakan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Dimulai dari lingkup yang paling kecil yaitu diri sendiri misalnya sebagai pelajar selalu rajin belajar agar mendapatkan prestasi yang baik. Selanjutnya penerapan tanggung jawab sebagai warga negara dikembangkan dalam lingkup yang lebih besar yakni keluarga dan pada akhirnya pada lingkup kehidupan masyarakat. Jika pelaksanaan tersebut dapat berlangsung dengan baik, maka masyarakat sejahtera akan tercipta dan negara kuat akan terwujud.

Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab Halaman 101

Ayo Berlatih

Teks diatas merupakan teks nonfiksi yang mengandung informasi penting dalam setiap paragrafnya. Informasi-informasi penting tersebut didasarkan pada gagasan utama yang ada pada setiap paragraf.

Temukan informasi penting dalam setiap paragraf berdasarkan gagasan utama yang ada didalamnya.

Tuliskan hasil temuanmu pada tabel seperti berikut.

ParagrafGagasan UtamaInformasi PentingParagraf 1Dampak pelaksanaan tanggung jawabPelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki dampak positif dan negatifParagraf 2comtoh dampak positif dari pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara.Melaksanakan tanggung jawab membayar pajak tepat waktu akan memberikan dampak positif bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.Paragraf 3Contoh lain dari Bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara.Jika persatuan dan kesatuan terwujud dengan baik akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat.Paragraf 4Tanggung jawab juga tercermin pada pelaksanaan hak dengan benar.memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan, hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam, serta memanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannya adalah contoh penggunaan Hak dengan benar.Paragraf 5Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang tidak dilaksanakan dengan benar akan membawa dampak negatif bagi kesejahteraan masyarakatperbuatan tidak bertanggung jawab serta merugikan bangsa dan negara antara lain korupsi, kriminalitas, dan penyalahgunaan kekuasaan.Paragraf 6Sebagai warga negara, kita harus selalu melaksanakan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.Jika pelaksanaan tanggung Jawab berlangsung dengan baik, maka masyarakat sejahtera akan tercipta dan negara kuat akan terwujud.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama kelompokmu tentang dampak pelaksanaan tanggungjawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga Bagaimana Proses Pembuatan Pensil? Kelas 4

Tuliskan secara rinci tentang pelaksanaan tanggung jawab dan dampak yangditimbulkan pada tabel berikut!

NoPelaksanaan Tanggung Jawab sebagai Warga NegaraDampak yang ditimbulkan1Melaksanakan kewajiban membayar pajakBerlangsungnya pembangunan bangsa2Menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang Sampah pada tempatnyaKelestarian Alam dapat terjaga3Toleransi kepada semua warga NegaraTerciptanya keamanan, ketentraman dan kedamaian4Mentaati peraturan yang adaTerciptanya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat5Membudayakan gotong royong dalam kehidupanTerciptanya persatuan dan kesatuan Bangsa

Agar tercipta masyarakat yang sejahtera, selain melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara, juga diperlukan berbagai upaya untuk mengembangkan kehidupan berbangsa. Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera telah tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Hal ini berarti negara selalu mengupayakan kesejahteraan masyarakat dan bangsa. Namun demikian, upaya tersebut harus selalu mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh warga negara. Kamu juga merupakan warga negara, sehingga kamu juga harus mendukung dan berpartisipasi dalam upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan materi kita pada bacaan Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3. Agar sobat dapat lebih memahami materi ini. Bersama orang tua, buatlah kliping tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera. Lalu mintalah pendapat mereka dalam memilih gambar, artikel atau berita yang akan kalian ambil dari majalah, koran, dan lain sebagainya. Kumpulkan kliping yang telah dibuat kepada guru kalian untuk dinilai. Semoga bermanfaat!

Apa dampak dari pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara?

Jadi, semua warga negara merasa sejahtera, aman, nyaman, dan tenteram akibat pelaksanaan tanggung jawab yang baik. Kedaulatan negara menjadi tanggung jawab semua warga negara. Jika warga negara Indonesia melaksanakan tanggung jawabnya untuk menjaga kedaulatan negara.

Apa sajakah dampak dari pelaksanaan tanggung jawab?

Akibat sikap tanggung jawab.
Dengan sikap tanggung jawab, seorang warga akan dipercaya, dihormati, dan dihargai orang lain..
Terciptanya kondisi lingkungan masyarakat yang aman dan tenteram..
Terciptakanya pembangunan bangsa yang saling menghargai..
Sumber daya alam tetap terjaga dengan baik..

Apa dampak positif jika setiap warga negara melaksanakan tanggung jawabnya?

Dampak positif jika warga negara memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya dalam membayar pajak maka negara akan mendapatkan pendapatan, sehingga dengan pajak tersebut maka negara mampu untuk melakukan kegiatan pembangunan, seperti pembangunan jalan raya, pembangunan rumah sakit, sekolah, maupun Fasilitas umum ...

Dampak apa saja yang ditimbulkan dari kewajiban hak dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari hari?

Dampak pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari:.
Dapat terciptanya pembangunan bangsa..
Dapat terciptanya kehidupan masyarakat yang aman, damai dan tentram sehingga negara semakin sejahtera..
Dapat terjaganya sumber daya alam dan kelestariannya..