Apa dampak jika kita tidak menjaga kelestarian lingkungan?

Manusia hidup di bumi bersama dengan makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup yang ada di bumi dan tinggal bersama manusia ini meliputi binatang, tumbuh- tumbuhan, mikroba atau bakteri, dan makhluk mikroorganisme baik kasat mata maupun tak kasat mata. Selain itu, manusia beserta makhluk hidup lain tersebut berada di bumi juga bersama dengan berbagai macam benda- benda abiotik. Benda- benda abiotik yang berada di sekitar manusia dan makhluk hidup lainnya ini juga mempunyai fungsi secara langsung maupun tidak langsuang. Benda- benda abiotik tersebut contohnya adalah udara, suhu, batu, air, panas matahari, dan lain sebagainya. Semua ini berada di satu alam dan membantuk sebuah ekosistem. (baca : ciri ciri makhluk hidup)

Seringkali kita menamai tempat tinggal kita dengan sebutan lingkungan. Sala halnya dengan ekosistem tadi, lingkungan ini terdiri dari makhluk hidup dan juga benda- benda yang tidak hidup. Lingkungan tempat kita berada ini harus selalu dijaga dengan baik agar bermanfaat bagi kehidupan manusia. Menjaga lingkungan agar tetap berada dalam kondisi baik dinamakan dengan melestarikan lingkungan.

Mengapa Lingkungan Perlu Dilestarikan?

Mungkin ini adalah pertanyaan umum yang terlalu sering ditanyakan. Maskipun sudah sering ditanyakan, namun pertanyaan seperti ini memang harus selalu diulang agar manusia menjadi paham betapa lingkungan sangat perlu untuk dilestarikan.

Lingkungan sebagai tempat tinggal manusia dan juga makhluk hidup lainnya memang harus selalu dijaga kelestariannya. Dengan selalu menjaga kelestarian lingkungan maka lingkungan akan terhindar dari kerusakan dan dapat menjalankan fungsi dengan semestinya. Selain itu, dengan memiliki lingkungan yang tetap lestari maka kelangsungan hidup manusia dan juga makhluk- makhluk lainnya juga akan lebih terjamin. Dengan adanya lingkungan yang lestari, maka akan terhindar dari beberapa kerusakan yang tidak hanya dapat merusak lingkungan saja, namun juga terkadang menimbulkan bahaya bagi kelangsungan hidup makhluk hidup.

Lingkungan ini selain sebagai tempat tinggal namun juga sebagai penyedia dari kebutuhan makhluk hidup. Bukan hanya kebutuhan akan makan dan juga minum, namun juga kebutuhan hidup lainnya. Apabila lingkungan tidak dilestarikan maka akan muncul banyak dampak negatif yang bisa dirasakan oleh semua pihak, tidak hanya manusia saja, namun juga binatang dan tumbuhan. (baca : ciri ciri lingkungan sehat dan tidak sehat)

Beberapa Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan yang ada di sekitar kita:

Akibat yang pertama yang dapat terjadi apabila kita tidak melestarikan lingkungan adalah terjadinya bencana alam. Hal ini sadar atau tidak akan terjadi kepada lingkungan kita. bencana alam ini ada yang sifatnya terjadi karena kehendak Tuhan, namun ada juga beberapa bencana alam yang terjadi akibat dari kelalaian manusia tidak merawat lingkungannya dengan baik. Beberapa bencana alam yang terjadi akibat tidak menjaga kelestarian lingkungan dengan baik adalah banjir dan tanah longsor serta mengakibatkan pencemaran tanah. Kedua bencana ini seringkali terjadi ketika manusia sengaja menebang pepohonan yang ada di daerah hutan ataupun lereng gunung. Akibatnya banjir dan longsor sering terjadi, apalagi ketika musim penghujan.

  1. Terjadi kerusakan lingkungan

Dampak dari kita tidak menjaga kelestarian lingkungan selanjutnya adalah terjadinya kerusakan lingkungan. Hal ini merupakan akibat yang pasti terjadi karena menjaga kelestarian lingkungan pada intinya adalah menjaga lingkungan kita agar tetap dalam kondisi baik. Ketika lingkungan tidak dijaga dengan baik, maka kerusakan lingkungan otomatis akan terjadi.

  1. Terjadinya pencemaran lingkungan

Selanjutnya, lingkungan yang tidak dijaga dengan baik akan mengalami suatu kondisi yang kotor. Karena kondisi yang kotor ini, maka lingkungan akan tercemar . baik dari bakteri maupun bahan kimia. Lingkungan yang harus dijaga kelestariannya meliputi lingkungan darat, laut, maupun udara. Ketika ketiga lingkungan tersebut tidak dilestarikan dengan baik, maka ketiga lingkungan tersbut akan dapat tercemar. Dan hal ini akan berpotensi meracuni makhluk hidup yang ada di dalamnya. (baca : dampak pencemaran udara)

  1. Banyak tumbuhan yang punah

Lingkungan yang tidak dijaga dengan baik juga akan menyebabkan banyak tumbuhan yang  akan mengalami kepunahan. Kepunahan bisa terjadi karena tumbuhan tersebut sengaja diambil oleh manusia maupun karena faktor lingkungan yang sudah rusak sehingga sudah tidak bisa menopang hidup tumbuhan tersebut adan pada akhirnya tumbuhan tersebut mati.

  1. Banyak binatang yang punah

Sama halnya dengan tumbuhan, hewan juga dapat punah karena lingkungan yang tidak dilestarikan. Kondisi lingkungan yang tidak baik lagi akan membuat kelangsungan hidup binatang menjadi terganggu. Hal ini bila terjadi dalam jangka waktu yang panjang maka binatang tersebut tidak bisa bertahan hidup dan pada akhirnya akan mati.

  1. Persediaan sumber daya alam menipis

Akibat yang tidak mungkin terhindarkan dari tindakan tidak melestarikan lingkungan adalah membuat sumber daya alam yang ada di sekitar kita menjadi berkurang jumlahnya. Tanpa kita sadari hal ini pasti terjadi. Sebagai contoh adalah air yang akan semakin langka jumlahnya apabila manusia dengan senagaj memnebang pepohonan di hutan ataupun di pekarangan. Hal ini karena pohon berfungsi sebagai penyimpan cadangan air.

  1. Munculnya banyak penyakit

Bahaya selanjutnya dari tindakan tidak melestarikan lingkungan adalah muncunya bibit penyakit. Ya, lingkungan yang kotor akan menjadi sarang kuman dan virus yang nantinya akan menularkan bibit penyakit.

Itulah beberapa bahaya apabila kita sebagai manusi tidak melakukan tindakan atau upaya pelestarian lingkungan. Lingkungan ini sangat perlu dilestarikan mengingan kita sendiri hidup di lingkungan. Selain itu, kita masih sangat memerlukan lingkungan yang asri dan lestari sebagai warisan untuk nakan cucu kita nanti.

  • Sebagai makhluk sosial sebaiknya kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita di daerah rumah , tempat kerja , sekolah dan lain lain
    Agar lingkungan kita dapat tercegah dari bencana banjir longsor

  • Sebagai upaya agar pada waktu hujan air tidak langsung mengalir ke berbagai selokan ataupun sungai yang dapat menimbulkan banjir, tetapi dapat meresap dan tersimpan dalam tanah, dapat ditempuh beberapa hal. Mengetatkan pengawasan dan tegakkan aturan menyangkut pendirian bangunan, serta praktik penyedotan air tanah secara besar-besaran dan tidak terken- dali baik oleh kalangan bisnis, industri, maupun mereka yang telah membuat rusak daerah re- sapan air. Melakukan upaya rehabilitasi daerah tangkapan air di seluruh kawasan Kota Jayapura, dengan jalan melakukan penghijauan kembali di beberapa daerah tersebut. Menganjurkan kepada pemilik bangunan yang memiliki lahan tersisa di sekitar bangunan, agar tidak menutup lahan- nya dengan material yang justru air tidak bisa menyerap ke dalam tanah. Penutupan baik hala- man rumah, kantor, sekolah, maupun gandengan beton, aspal, dan pavling block sebaiknya diganti menggunakan grass block yang memungkinkan air menyerap ke tanah, memungkinkan ditanami rumput sehingga lingkungan terlihat lebih hijau dan asri. Diperbanyak taman kota dan taman lingkungan serta dibangun sumur-sumur resapan di berbagai sudut kota.

  • Bencana banjir terjadi karena berbagai faktor penyebab, yang paling utama adalah alih fungsi hutan untuk kegiatan pertanian dan permukiman. Padahal, hutan berfungsi dalam meningkatkan air yang meresap ke dalam tanah, sehingga mengurangi aliran air permukaan yang men- jadi penyebab banjir. Banjir juga terjadi karena kebiasaan buruk sebagian masyarakat dalam membuang sampah ke sungai. Akibatnya aliran sungai terhambat oleh sampah dan mengaki- batkan alirannya meluap ke luar tubuh sungai. Banjir juga terjadi karena karakteristik fisik wilayah yang secara alamiah memicu terjadinya banjir. Lahan yang datar, tanah yang kedap air memungkinkan terjadinya genangan air pada saat hujan.
    Dalam skala setempat banjir juga terjadi di struktur tanah yang agak miring, terutama pada daerah aliran sungai yang telah terganggu, aki- batnya air sungai melimpah dari badan sungai dan mengisi daerah dataran yang lebih rendah (cekungan). Apabila kejadian banjir ini mem- bawa material padat, seperti lumpur, batu-batuan atau bahkan kayu sisa pohon, umumnya menjadi bencana yang sangat dahsyat. Banjir seperti ini terjadi secara singkat dan sangat merusak, dike- nal sebagai banjir bandang.

  • kita sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya menjaga dan melestarikan lingkungan kita,dengan cara menumbuh kan kesadaran pada diri sendiri contohnya,tidak membuang sampah disembarang tempat,tidak melakukan penebangan hutan secara liar,,melakukan pengolahan limbah dengan baik,,serta mengurangi penggunaan efek rumah kaca yg bsa menyebabkan pemanasan global,,dengan begitu kita bsa menjadikan lingkungan kita menjadi lingkungan yang sehat,,,asri,,dan jauh dri berbagai macam musibah seperti banjir,,tanah longsor,,,dan kebakaran hutan demi kelangsungan hidup kita saat ini,,,dan untuk kelangsungan hidup anak cucu kita dimasa depan.

  • Terimakasih atas jawabannya

  • Sebagai makhluk sosial sebaiknya kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita di daerah rumah , tempat kerja , sekolah dan lain lain
    Agar lingkungan kita dapat tercegah dari bencana banjir longsor,contohnya,tidak membuang sampah disembarang tempat,tidak melakukan penebangan hutan secara liar,,melakukan pengolahan limbah dengan baik,,serta mengurangi penggunaan efek rumah kaca yg bsa menyebabkan pemanasan global,Apabila kejadian banjir ini mem- bawa material padat, seperti lumpur, batu-batuan atau bahkan kayu sisa pohon, umumnya menjadi bencana yang sangat dahsyat. Banjir seperti ini terjadi secara singkat dan sangat merusak, dike- nal sebagai banjir bandang.

  • kita sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya menjaga dan melestarikan lingkungan kita,dengan cara menumbuh kan kesadaran pada diri sendiri contohnya,tidak membuang sampah disembarang tempat,tidak melakukan penebangan hutan secara liar,,melakukan pengolahan limbah dengan baik,,serta mengurangi penggunaan efek rumah kaca yg bsa menyebabkan pemanasan global,,dengan begitu kita bsa menjadikan lingkungan kita menjadi lingkungan yang sehat,,,asri,,dan jauh dri berbagai macam musibah seperti banjir,,tanah longsor,,,dan kebakaran hutan demi kelangsungan hidup kita saat ini,,,dan untuk kelangsungan hidup anak cucu kita dimasa depan.

  • kita sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya menjaga dan melestarikan lingkungan kita,dengan cara menumbuh kan kesadaran pada diri sendiri contohnya,tidak membuang sampah disembarang tempat,tidak melakukan penebangan hutan secara liar,,melakukan pengolahan limbah dengan baik,,serta mengurangi penggunaan efek rumah kaca yg bsa menyebabkan pemanasan global,,dengan begitu kita bsa menjadikan lingkungan kita menjadi lingkungan yang sehat,,,asri,,dan jauh dri berbagai macam musibah seperti banjir,,tanah longsor,,,dan kebakaran hutan demi kelangsungan hidup kita saat ini,,,dan untuk kelangsungan hidup anak cucu kita dimasa depan. Iya betul

  • Jadi sebagai makhluk sosial sebaiknya kita harus menjaga lingkungan sekitar kita baik di rumah , sekolah ,tempat kerja dan lain lain
    Di karenakan dengan kita menjaga kebersihan kita dapat mencegah bencana alam seperti banjir, longso

  • Sebagai makhluk sosial sebaiknya kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita di daerah rumah , tempat kerja , sekolah dan lain lain
    Agar lingkungan kita dapat tercegah dari bencana banjir longsor